Backlink adalah link masuk ke halaman situs atau web. Inbound link awalnya penting (sebelum munculnya mesin pencari) sebagai sarana utama web navigasi, signifikansi-nya terletak pada optimasi mesin pencari (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas suatu website atau halaman (ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari sebuah website). Dalam terminologi link dasar, backlink adalah setiap link yang diterima oleh sebuah web (halaman web, direktori, situs, atau domain). Backlinks juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, atau inlinks.

Search engine sering menggunakan jumlah backlink sebagai salah satu faktor yang paling penting untuk menentukan peringkat dan popularitas suatu website. Pengetahuan tentang bentuk peringkat mesin pencari telah memicu sebagian industri SEO (biasanya disebut linkspam), untuk mencoba menempatkan inbound link sebanyak mungkin ke situsnya.

Orang sering menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan jumlah backlink. Beberapa metode bebas digunakan oleh semua orang dengan gratis, sedangkan beberapa metode seperti linkbaiting memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran untuk bekerja. Beberapa website terhubung pada "linkbaiting" secara alami, ada juga yang menggunakan teknik fishing.

Ada beberapa faktor yang menentukan nilai backlink. Backlink dari situs otoritatif mengenai topik tertentu yang sangat berharga. Jika suatu situs memiliki konten dan keyword yang saling terkait, maka backlink dianggap relevan dan diyakini memiliki pengaruh kuat pada peringkat search engine.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diketahui, bahwa bahwa membangun terlalu banyak backlink selama periode waktu yang singkat bisa menyebabkan peringkat website terkena hukuman/ dibanned. Dalam kasus ekstrim, website bisa tidak diindeks oleh search engine. Kebanyakan search engine komersial menyediakan mekanisme untuk menentukan jumlah backlink suatu website tertentu.

Ditulis ulang dari beberapa sumber.

Post a Comment

Copyright © rajatuyul / Template by : Urangkurai